Kamis, 03 Oktober 2013

Implementasi Manajemen Aset

Harmonisasi Transformasi PLN KITSBU dengan mengembangkan “Implementasi Manajemen Aset”

Jumat, 27 September 2013
Pembicara : Yusvi Adi M. TF’99

PLN General


Perusahaan Listrik Negara mengurusi ketenagalistrikan di seluruh Indonesia, mulai dari pembangkitan hingga nyala ke rumah-rumah.
Penggunaan listrik di Indonesia saat ini masih banyak di daerah Jawa-Bali rasio elektrifikasi Jawa-Bali mencapai 87,4% berbeda jauh dengan wilayah Indonesia bagian timur yang hanya berkisar 47,8% dengan demikian keuntungan Jawa-Bali bisa meng’cover’ kerugian di seluruh Indonesia.

DIVERSIFIKASI


PLN mempunyai bagian-bagian yaitu P3B/S  (Pusat Pengaturan dan Penyaluran Beban) yang mengurusi transmisi kelistrikan, mengelola sutet. Wilayah dan Distribusi yang merupakan PLN yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Pembangkitan biasanya berhubungan dengan mesin, disini banyak engineer dari FT,  MS,  TK,  SI, dan EL. Supporting seperti Pusdiklat, Puslitbang, dan Pusenlis. Subsidiery yaitu PJB, Indonesia Power, Icon+ dan PLN-E.

PROSES BISNIS INTI PLN


Pembangkit Primer ditransmisikan melalui jaringan 150 kV ke industri, dan ada juga yang dilewatkan ke trafo agar tegangannya menjadi 20kV untuk wilayah distribusi yang kemudian digunakan untuk kebutuhan bisnis dan sebagian ada yang diturunkan tegangannya menjadi 220 V untuk kebutuhan sosial, publik dan rumah





Karakteristik penggunaan kelistrikan dapat  dianalisis yaitu untuk Industri penggunaan yang tinggi dan konstan. Penggunaan listrik untuk bisnis biasanya lebih rendah dan tinggi pada jam kantor saja. Penggunaan listrik untuk kebutuhan publik biasanya konstan karena digunakan sebagai fasilitas 24 jam. Penggunaan kelistrikan untuk rumah-rumah memiliki beban puncak pada jam 18 -20 dan cenderung berkurang mulai dari pagi hingga sore.

Proses

Penyediaan à Pembangkitan à Penyaluran à Distribusi à Penjualan

KITSBU




 Pembangkitan Sumatera Bagian Utara mempunyai beberapa bagian yaitu
S. Belawan
S. Medan
S. Panda
S. Lueng Bata
S. Pekanbaru
Saat ini terjadi krisis karena unit di Belawan sebesar 200 MW mati karea jadwal pemeliharaan. Jaringan dari Sumatera Bagian Selatan tidak feasibel untuk mengirim ke SBU karena jaraknya yang jauh sehingga losses akan sangat besar

Manajemen Aset

Implementasi

Tujuan Manajamen Aset à masih ada peluang pendapatan
Reduce life cycle
Increase Price
Maximize Overall equipment effectiveness
Human and Organization Competence. Untuk mengubah suatu sistem, maka ubah SDMnya terlebih dahulu
Enterprise Resourse Planning
Proses & Produk continuous improvement
Transformasi Organisasi, tidak hanya metode, sistem, teknologi maupun material tapi juga dari orangnya
Work Planning & Control Management, mengubah yang tidak terencana menjadi terencana



ü  Gunakan waktu sebaik-baiknya semasa kuliah, jaga integritas dan buka wawasan
ü  Keep survive apapun cita-citamu
ü  Stay foolish, stay hunger à don't business as usual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar