Kamis, 24 Oktober 2013

Fisika Bangunan



Fisika Bangunan pada Sekolah


Bangunan sekolah saat ini tentunya sudah sangat beragam baik bangunan yang dirancang seperti rumah maupun seperti bangunan bertingkat yang mewah, namun masih banyak pula sekolah yang bangunannya sudah rusak, tak layak menjadi tempat belajar bagi para siswanya. Kondisi bangunan sekolah ini tentu saja sangat mempengaruhi kelangsungan belajar-mengajar yang terjadi di dalamnya. Kondisi utama yang mempengaruhi dari bangunan sekolah secara umunya bisa kita simpulkan menjadi kondisi pencahayaan, kondisi tata suara, dan kondisi termal.



Sekolah biasanya dimulai pukul 7 pagi dan biasanya berakhir ketika sore hari. Pada jam-jam tersebut cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Oleh karena itu banguna sekolah biasanya memanfaatkan pencahayaan alami. Pencahayaan yang ideal adalah ketika cahaya matahari ini bisa masuk ke dalam ruangan dengan cukup merata dan tidak menimbulkan kontras yang mengganggu.

ruang kelas dengan pencahayaan alami
Ruang kelas dengan pencahayaan buatan


Kondisi lain yang menarik pada bangunan sekolah adalah kondisi tata suara atau bisa kita sebut kondisi akustik. Saat sedang belajar biasanya guru akan memberikan penjelasan tentang materi yang diajarkan, suara tentang penjelasan ini harusnya bisa menyebar dengan merata. Jika suaranya tidak keras, maka murid di yang duduk di bagian belakang tidak bisa mendengarkan sehingga dia mungkin tidak mengerti materi yang disampaikan, tapi jika suara dari pengajar dikeraskan maka murid di bagian depan bisa saja merasa terganggu. Selain itu ruangan kelas juga tidak boleh mendapatkan suara-suara bising dari luar. Oleh karena itu diperlukan setting ruangan yang bisa membantu agar akustik di ruang kelas ini bisa sesuai dengan kebutuhannya. 

contoh dinding yang bisa digunakan untuk keperluan akustik


Kondisi terakhir yang kita tinjau adalah kondisi termal. Saat belajar tentunya tidak nyaman jika kita kedinginan ataupun kepanasan. Hal yang umum terjadi adalah kepanasan. Oleh karena itu pada berbagai tempat dipasangnya Air Conditioner, namun di beberapa tempat hal yang bisa dilakukan cukup dengan pemasangan ventilasi yang baik. Pemasangan ventilasi berupa jendela juga harus diperhatikan karena jika kita salah melakukan perhitungan maka bukannya mendapatkan udara yang sejuk, tapi malah semakin panas karena matahari yang menembus lewat kaca jendela ruangan.



ruang kelas berAC


ruang kelas dengan jendela



Dengan kondisi ruangan kelas yang baik, maka para siswa bisa belajar lebih baik lagi.




sumber foto :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar