Kamis, 31 Oktober 2013

Instrument Engineer

Fikri Muhammad - FT 2005
Instrument Engineer - Conoco Phillips Indonesia


Conoco Phillips



Onshore Operations 
Mempunyai banyak plant, salah satunya yaitu Suban Plant yang menghasilkan setara 200rb barel perhari
Dari plant kemudan dikumpulkan ke grissik lalu didistribusikan ke costumer misalnya caltex, Singapore, dan west java.


menurut conoco phillips (pada conocophillips.jobs) instrument engineer mempunyai tanggung jawab 
To ensure thatthe assigned Control System and Instrumentation modification or projects works are executed in an expedient, cost effective, safe manner and in compliance with the Company Engineering Standards and International Codes. 

To ensure that all BU Standards related to Instrumentation and Control is applied consistently in all facilities

Instrument Engineer
Mengurusi mulai dari transmitter, control valve, boiler hingga ke DCS



Project
Biasanya project dapat dibedakan menjadi 3 kriteria yaitu proyek kecil, menenngah dan besar. Proyek kecil kisaran biayanya sekitar 250 USD, untuk proyek menengah biasanya berkisar antara 500-5jt USD dan untuk yang besar kisarannya diatas 5jt USD. Project bermulai dari mendesign sesuatu yang dilanjutkan instalasi kemudian setelah terpasang maka instrumen akan dinyalakan atau yang biasa dikenal dengan istilah commisioning. Setelah itu proses terakhir yang dilakukan adalah memastikan bahwa kita merubah sesuatu yang benar. Karena saat kita mendesain itu pasti ada sesuatu yang berubah dan jika hal yang kita ubah salah maka bisa berdampak bagi seluruh sistem.

Trouble Shooting
Di lapangan tidak semua hal berjalan sesuai dengan perhitungan. Bisa saja terdapat  permasalahan.Seorang instrument engineer juga harus bisa melakukan analisis dan mencari solusi terhadap permasalahan yang ada. Biasanya trouble shooting ini sense yang dimiliki oleh orang lapangan berdasarkan pengalamannya di lapangan.

Day to day Operation

Dalam pekerjaan sehari-hari Instrument Engineer  mengukur, memantau dan memberikan saran-saran terhadap perbaikan sistem.

Study
Seorang Instrumen juga harus bisa mengkaji,  melakukan perhitungan dan membuat pilihan-pilihan solusi agar sistemnya bisa berjalan dengan optimal.


Knowledge Gap



Training
Di Conoco Phillips terdapat program training dimana frash garduate akan dibimbing oleh seorang mentor selama setahun. Sepanjang proses training seorang fresh graduate akan belajar tentang simbol-simbol tentang alat-alat ataupun simbol-simbol yang berhubungan dengan pekerjaannya. Selain itu ia juga akan dilibatkan ke dalam project yang  diikuti oleh mentornya.

Team Player

Dalam dunia kerja tentunya seorang engineer harus bisa bekerja dalam tim. Oleh karena utu kita harus memposisikan diri sebagai team player. Hal ini bisa dibiasakan dari saat kuliah yaitu dengan mengikuti berbagai organisasi atau kegiatan yang melibatkan kerjasama. Oleh karena itu selama di bangku kuliah kita harus menyeimbangkan kegiatan kita. 

Daftar gambar
https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/c12.0.851.315/p851x315/1015257_472519389509432_527428922_o.jpg
http://img1.imagesbn.com/p/9781556170072_p0_v1_s260x420.jpg
http://www.ventures-africa.com/wp-content/uploads/2012/05/conocophillips.jpeg



Tidak ada komentar:

Posting Komentar