Kamis, 12 September 2013

Integrated Engineering

Integrated Engineering


Jumat, 06 September 2013
Pembicara : Adhi Winata TF 2001

Skin Care & Deodorant Factory Engineering Manager at Unilever




 Engineer --> Membuat karya nyata

Banyak alasan seseorang untuk menjadi seorang Engineer, salah satunya adalah seorang engineer membuat karya yang nyata hasil implementasi dari konsep-konsep yang telah dipelajari.

Salah satu quotes yang digunakan oleh pembicara kali ini adalah:

Scientist study the world as it is
Engineers creats the world that never has been

ENGINEERING & SOCIETY

Technology --> Make things happen

Seperti yang telah disebutkan tadi, engineer membuat karya nyata yang tentu saja dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari oleh society.Oleh karena itu Engineer sangat berpengaruh terhadap lingkungan dan begitu pula sebaliknya. Interaksi dengan lingkungan sekitarnya dapat dilihat pada gambar disamping. Contohnya mahasiswa engineering berperan sebagai academicians yang berinteraksi dengan Government Agencies terkait policy, research education. Academicians juga berinteraksi dengan businessmen terkait research outcome maupun konsultasi.







Business Needs

Ketika kita menjadi seorang engineer, ada beberapa hal yang harus diperhatikan
Constrain :   Time
Quality
Cost

Energy Efficiency
Dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut sebisa mungkin kita menyeimbangkan keempatnya.


 







The Gaps


Ada beberapa hal yang biasanya terjadi pada orang-orang yang baru memasuki dunia kerja. Mereka akan merasakan perbedaan yang bisa menjadi gap. Hal yang sering terjadi adalah

·         Chosen Speciality vs Given Speciality
Pada saat kuliah kita telah memilih jurusan dan spesialiasi yang kita inginkan, namun pada dunia kerja kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, terkadang pekerjaan seseorang bisa berbeda dengan jurusan yang ia telah pelajari pada dulunya. 
·         Theoritical vs Practical
Fresh Graduate biasanya tidak realistis karena mereka berdasar kepada teori yang telah mereka pelajari di bangku kuliah. Sedangkan pada kenyataannya tidak selalu hasil teori yang terjadi karena pada praktiknya ada kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi.
·         Simulasi vs Hands on Experience
Saat kuliah biasanya kita melakukan simulasi dengan asumsi yang kita buat, dan keadaan yang telah kita sesuaikan sendiri. Pada dunia kerja yang kita dapatkan itu biasanya dapat dipelajari dari pengalaman
·         Advanced vs Strong Basic
Fresh Graduate biasanya sangat mengerti hal-hal yang terbilang cukup 'advanced' tapi ketika ditanyai soal hal-hal yang mendasar biasanya mereka lupa karena berpikir terlalu jauh. Hal ini disebut juga 'lose the core'
·         Single Discipline vs Multi Discipline
Fresh Graduate biasanya mempunyai prespektif hanya dari single discipline saja, yaitu dari jurusan yang diambilnya sehingga biasanya mereka mempunyai silo mindset.

Fill The Gaps

Integrated Engineering, Hands on, Standard Regulation

Traditional Engineering mempunyai ciri terspesialisasi, kompeten
Integrated Engineering mempunyai basic yang kuat dan lebih lebar












Kelebihan dari seorang Integrated Engineering adalah  : Wide Employment Opportunities, Multiprespective , Enrich your point of view
Berada di Teknik Fisika berarti kita berada di lingkup Integrated Engineering, maka ambilah keuntungan kita sebagai generalist, kita mempunyai cara berpikir yang sistematis dan logis, kita juga mempunyai 'helicopter view' karena kita juga setidaknya mengerti basic dari jurusan lain. Selain itu yang harus kita lakukan sebagai seorang Integrated Engineer adalah just dig deeper, strong the core, developed yourself workhard, sell yourself play smart.



TIPS

·         Think strategically but Act tactically
·         Buatlah diri kita 'irreplaceable' but Bisa Kerjasama
·         Open your mind but Focus on your objective
·         Play smart but Pure mind








Newton : Get the helicopter view
Maxwell : Go detail
Einstein : Think differently

Tidak ada komentar:

Posting Komentar